Ketahui 10 Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia Versi Skytrax

Pandemi virus Covid-19 menimbulkan dampak bagi perekonomian di hampir banyak negara. Salah satu sektor yang terdampak adalah maskapai penerbangan. Meski begitu, ternyata masih ada yang menyandang predikat maskapai penerbangan terbaik di dunia.

Beberapa industri maskapai mungkin mengalami kemerosotan akibat pandemi Covid-19. Salah satunya mungkin merasakan penumpang yang tidak penuh mengisi tempat duduk dalam pesawat, penerbangan yang dibatalkan, hingga tes Covid-19 dengan berbagai persyaratan yang telah ditentukan.

Namun di balik itu semua, Qatar Airways justru menjadi maskapai penerbangan terbaik di dunia menurut perusahaan riset transportasi udara Skytrax.

Selain itu, dikutip dari CNBC, Senin (4/10/2021), Qatar Airways pun ternyata pernah menduduki puncak peringkat dalam deretan maskapai penerbangan terbaik dunia versi Skytrax pada 2019 lalu.

Hal ini berarti membuat maskapai penerbangan yang berbasis di Doha tersebut menjadi juara berulang sekaligus pemenang enam kali selama dekade terakhir.

Berdasarkan informasi, pemeringkatan tahun ini didasarkan pada lebih dari 13 juta tanggapan survei pelanggan dengan menilai kurang lebih 356 maskapai penerbangan di berbagai bidang.

Di dalamnya termasuk tanggapan tentang pemesanan online dan proses chek-in, keramahan staf maskapai, kenyamanan kursi, serta kualitas makanan dan hiburan dalam penerbangan.

Survei ini sudah berlangsung sejak September 2019 hingga berakhir pada Juli 2021, menurut Skytrax.

Sementara itu, Delta Air Lines pun ikut meraih predikat sebagai maskapai Amerika Utara terbaik. Ada pula Japan Airlines menduduki peringkat sebagai maskapai kelas ekonomi terbaik dunia.

Di dalam survei tersebut juga menyebut salah satu maskapai yang berbasis di Malaysia. AirAsia Malasya adalah maskapai penerbangan bertarif rendah terbaik di dunia, berdasarkan survei tersebut.