India akan Izinkan Turis Asing Masuk Lewat Penerbangan Carter

Sejumlah negara mulai mencari cara untuk mengizinkan turis asing yang ingin mengunjungi negara mereka, salah satunya India. Turis asing yang telah divaksinasi akan diizinkan mengunjungi India dengan penerbangan carter.

Cara tersebut diambil India untuk melonggarkan pembatasan masuk. Pengumuman mengenai modalitas dan tanggal dimulainya kembali perjalanan liburan diharapkan bisa disampaikan akhir September 2021.

Maret 2021 lalu, pemerintah membatasi perjalanan udara ke luar negeri untuk mengekang penyebaran Covid-19. Sementara, pebisnis, profesional kesehatan, spesialis teknis, dan warga negara India di luar negeri telah diizinkan sejak tahun lalu, tapi pelancong berekreasi masih ditolak aksesnya.

Kini, pemerintah berencana membuka pintu bagi wisatawan asing secara bertahap. Pembukaan tersebut dilakukan mengingat penurunan kasus Covid-19 dan vaksinasi yang semakin meluas.

Seorang pejabat yang mengetahui masalah ini mengatakan diskusi antarkementerian sedang berlangsung. Pada tahap awal, turis yang divaksinasi akan diizinkan datang ke India dengan penerbangan carter.

“Ini akan menjadi pembukaan yang dikalibrasi. Keputusannya diharapkan dalam waktu sekitar satu minggu,” katanya, seperti dikutip dari Business Standard, Selasa, 21 September 2021.

Subhash Goyal, Ketua Stic Travels, mengatakan bagaimana pun pemerintah harus memulai kembali penerbangan internasional terjadwal dengan pembukaan perjalanan liburan. “Mengizinkan turis asing untuk datang tetapi menunda penerbangan terjadwal tidak akan ada gunanya,” kata dia.

“Kami telah berhubungan dengan mitra dagang luar negeri kami dan kami dapat mengharapkan permintaan yang baik di musim dingin jika keputusan diumumkan sekarang,” imbuhnya.