Daftar Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia 2021 Versi Skytrax, Wakil Asia Mendominasi

Salah satu maskapai penerbangan di Timur Tengah menjadi yang terbaik, meski di tengah pandemi Covid-19. Qatar Airways menempati posisi teratas dalam peringkat terbaru maskapai penerbangan terbaik dunia versi Skytrax.

Penghargaan terbaru maskapai yang berbasis di Doha ini menyusul kemenangan sebelumnya di penghargaan AirlineRatings.com tahun ini. Skytrax World Airline Awards dipilih oleh wisatawan melalui survei pelanggan, yang kali ini berlangsung dari September 2019 hingga Juli 2021. Wisatawan ditanya tentang kinerja dan kualitas lebih dari 350 maskapai global, dikutip dari laman CNN, Selasa, 28 September 2021.

Ini adalah keenam kalinya Qatar Airways memenangkan hadiah utama Skytrax. Nomor dua di daftar Skytrax jatuh ke Singapore Airlines, sementara ANA All Nippon Airways masuk di nomor tiga. Membulatkan lima teratas Skytrax adalah Emirates dan Japan Airlines.

Qatar Airways juga dianugerahi Kelas Bisnis Terbaik Dunia, Kursi Kelas Bisnis Terbaik Dunia, Maskapai Penerbangan Terbaik di Timur Tengah, Ruang Tunggu Maskapai Kelas Bisnis Terbaik Dunia, dan Katering Kelas Bisnis Terbaik.

“Jelas bahwa Qatar Airways telah mempertahankan standar inovasi dan standar layanan yang tinggi, baik di masa yang lebih normal maupun melalui pandemi global saat ini,” kata CEO Skytrax Edward Plaisted dalam sebuah pernyataan tentang hasil tersebut.

Ini merupakan tahun yang tidak biasa bagi industri penerbangan, dengan banyak maskapai penerbangan tetap dilarang terbang selama 18 bulan terakhir. Skytrax mengganti perayaan tatap muka yang biasa dilakukan dengan pengumuman online tahun ini. Pesawat Qatar Airways tetap cukup aktif di langit selama pandemi.

“Kami tidak pernah meninggalkan pelanggan setia kami ketika mereka sangat membutuhkan kami, kami terus terbang untuk membawa orang pulang dan menerapkan langkah-langkah keamanan hayati yang ketat untuk memberikan jaminan yang kuat bagi para pelancong, sambil terus berinovasi untuk memastikan kami tetap menjadi maskapai pilihan bagi jutaan penumpang di seluruh dunia,” kata CEO Qatar Airways Akbar Al-Baker dalam sebuah pernyataan tentang kemenangan tersebut.